Tips Melipat Pakaian yang Menghemat Ruang

Pekerjaan rumah senantiasa datang silih berganti. Sering juga saat satu pekerjaan belum selesai, pekerjaan lainnya menanti. Untuk menyiasatinya, salah satunya anda bisa sharing dengan para ibu lainnya bagaimana mengatasi pekerjaan rumah tangga yang tidak pernah selesai. Salah satu pekerjaan rumah yang biasanya membuat para ibu lelah adalah membereskan pakaian dalam lemari. Terlebih saat anak-anak atau suami menarik pakaian sehingga tumpukan pakaian menjadi berantakan, karena harus berulangkali membereskan.

Tips Melipat Pakaian yang Menghemat Ruang



Agar lemari senantiasa terlihat rapi, anda bisa coba melipat beberapa jenis pakaian: atasan, celana, hijab, pakaian dalam serta kaus kaki dengan menerapkan trik-trik berikut untuk menghemat ruang dan juga waktu.

Daripada menyimpan pakaian bertumpuk-tumpuk yang menyebabkan lemari mudah berantakan, anda bisa menyimpan pakaian secara horizontal. Dengan cara ini lemari anda akan terasa lebih luas, selain itu anda dapat melihat seluruh pakaian dalam sekali lihat.

  • Agar pakaian yang dilipat terlihat lebih ringkas, anda dapat melipat pakaian dengan metode menggulungnya. Caranya yaitu dengan memutar setengah bagian baju bagian bawah dari sisi dalam ke luar, lalu lipat sisi kiri dan kanannya sama rata. Setelah itu lupat menjadi dua tepat di tengah dan gulung dari atas ke bawah. Setelah itu anda tinggal mengambil sisi baju bagian bawah yang sudah dilipat keluar untuk menutup gulungannya agar tidak berantakan.
  • Anda mungkin pernah mendengar “Metode Konmari” yang mana metode ini merupakan metode berbenah yang dibuat Marie Kondo seorang konsultan kerapihan di Jepang.Dalam bukunya yang berjudul The Life Changing Magic of Tidying Up yang berisi beragam seni dan metode beres-beres yang dapat memaksimalkan ruang serta membuat rumah tampak lebih rapi. Secara garis besar, barang dipilah dan ditempatkan berdasarkan kategori. 
  • Menggulung pakaian dalam juga merupakan salah satu trik yang dapat menghemat ruang. Anda bisa menggunakan kotak tempat penyimpanan, bisa juga memakai kotak sepatu atau kotak lainnya yang tidak terpakai sebagai tempat penyimpanan. Agar terlihat cantik, anda bisa melapisi dengan kertas kado ataupun kertas lainnya dengan motif yang anda sukai.
  • Untuk kaos kaki, anda dapat menggulungnya sehingga menjadi kescil seperti pangsit.. Dengan menggulung kaos kaki, space lebih hemat serta terbebas dari resiko kehilangan salah satu pasangan kaos kaki. Caranya yaitu dengan menumpuk kedua kaos kaki dan menggulungnya dari bagian bawah ke atas, lalu ambil salah satu sisi kaos kaki bagian atas untukmelapisi gulungan sehingga terkunci menjadi satu kesatuan.
  • Cara lainnya untuk melipat kaos kaki adalah dengan melipat menjadi bentuk persegi. Silangkan sepasang kaus kakimu, lalu lipat satu persatu ke atas sehingga menyerupai persegi panjang. Kemudian selipkan ujung-ujungnya ke dalam lipatan sehingga terlihat lebih rapi dan tidak tercecer.
  • Untuk melipat celana jeans yang hemat tempat, yang pertama lipat celana menjadi dua bagian yang sama, lalu lipat lagi sebanyak 2 kali. Sehingga ukuran lipatannya menjadi pendek dan ringkas.
  • Melipat sweater yang menghemat ruang caranya  dengan melipat bagian lengan kiri dan kanan ke sisi badan sweater, lalu lipat sisi kiri dan kanan sama besar, kemuaian lipat menjadi dua. 
  • Untuk melipat pakaian anak dan bayi, bisa celana ataupun jumpsuit yaitu dengan melipatnya menjadi dua bagian yang sama, lalu gulung. Simpan gulugan tersebut pada kotak pengimpanan atau bisa juga di laci.

Comments

Post a Comment