Katanya Bulu Kucing Bisa Membuat Wanita Sulit Hamil, Mitos atau Fakta?

Kucing merupakan salah satu binatang peliharaan lucu yang banyak dipelihara manusia. Namun, sering kali bulu kucing yang berguguran serta kotorannya dikeluhkan banyak orang. Banyak orang percaya bahwa bulu kucing dapat menyebabkan wanita sulit untuk memperoleh keturunan. Benarkah informasi tersebut? 
Katanya Bulu Kucing Bisa Membuat Wanita Sulit Hamil, Mitos atau Fakta?

Penjelasan Medis

Menanggapi banyaknya pertanyaan seputar keterkaitan bulu kucing dengan sulitnya hamil, dokter spesialis obstetri dan ginekologi dr. Yassin Yanuar Mohammad, SpOG-KFER menerangkan bahwa itu adalah mitos “Itu tidak benar. Penyebab infertilitas berasal dari masalah istri 30-40 persen, suami 30-40 persen, kombinasi keduanya 10-15 persen, dan dengan penyebab yang tidak diketahui 10-15 persen”.

Beberapa permasalahan pada wanita yang menyebabkan sulit terjadi kehamilan biasanya karena kondisi berikut:
1. Ada permasalahan di dalam saluran telur dan rongga panggul
2. Kista coklat
3. Adanya gangguan pematangan telur
4. Cadangan telur yang menurun
5. Usia yang semakin tua
6. Adanya gangguan pada rahim (myoma, adenomyosis, polip)

Sementara, permasalahan pada pria yang menyebabkan sulitnya terjadi kehamilan diantaranya:
1. Adanya gangguan sperma yang kemampuan berenangnya menurun
2. Adanya bentuk sperma yang rusak
3. Jumlah sperma yang sedikit
4. Adanya gangguan pada DNA Sperma

Menurut dr. Yassin yang juga seorang konsultan fertilitas endokrinologi dan reproduksi di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) di Jakarta Selatan, juga menjelaskan bahwa gangguan DNA pada sperma diantaranya disebabkan karena faktor genetik, gangguan hormonal, penyakit sistemik (diabetes), serta faktor gaya hidup. "Faktor gaya hidup seperti merokok, testis terpapar panas, hobi sepedaan, menyimpan ponsel di celana, laptop diletakkan di pangkuan, suka sauna, dan obesitas,".

Tentang Toxoplasma

Selain itu, dr. Yassin juga mengatakan bahwa toxoplasma bukanlah penyebab seseorang sulit memiliki keturunan. "Toxoplasma bukan penyebab infertilitas," ujar Yassin. Berdasarkan informasi dari WebMD, penyakit toxoplasma atau toxoplasmosis merupakan infeksi akibat parasit toxoplasma gondii. Penyakit ini umumnya ditemukan pada beberapa hewan, seperti babi dan kucing. Infeksi ini dapat menyebabkan terbentuknya kista pada tubuh manusia, bisa di otak, otot ataupun jantung. Biasanya seseorang yang menderita penyakit toxoplasmiosis tanpa disadari. Namun, jika sistem kekebalan tubuh anda bagus, hal ini tidak akan menjadi masalah.

Comments