Perbedaan Air Purify, Diffuser, dan Humidifier

Banyak orang kesulitan membedakan air purify, diffuser, dan juga humidifier. Tidak sedikit yang menganggap bahwa ketiga alat ini sama. Padahal ketiga alat ini sangatlah berbeda mulai dari fungsi, kegunaan, serta kecepatan uapnya. Karena ketidakpahaman ini akibatnya mereka salah membeli produk sehingga apa yang sebenarnya mereka butuhkan tidak terpenuhi. Bagi anda yang juga belum mengetahui perbedaan air purifier, diffuser, dan juga humidifier, yuk langsung saja simak penjelasan berikut ini.
Perbedaan Air Purify, Diffuser, dan Humidifier

1. Fungsi Utama

Air Purify: Sesuai arti katanya yang berarti “pembersih udara”, alat ini berfungsi untuk memurnikan udara di sekitarnya agar bersih dan aman, bebas dari debu, bakteri, serta virus.
  • Diffuser: Sesuai arti katanya yang berarti “penyebar” alat ini berfungsi menyemprotkan air yang sudah dicampur dengan minyak essensial aroma terapi sehingga ruangan ruangan menjadi wangi dan membuat anda rileks dengan wewangian aroma terapi. Selain itu alat ini juga daat menghambat pertumbuhan jamur serta bakteri. 
  • Humidifier: Sesuai arti katanya yang berarti “pelembab”, alat ini berfungsi untuk melembabkan udara dalam ruangan. Biasanya humidifier yang bagus memiliki fitur untuk mengatur tingkat kelembaban. Alat ini dapat membantu penderita asma serta alergi yang disebabkan oleh udara.

2. Kegunaan

Selain fungsi yang berbeda, kegunaan ketiga alat ini juga berbeda. Perbedaan masing-masing  alat tersebut adalah dimana alat tersebut diletakan.
  • Air Purify: Alat ini direkomendasikan untuk digunakan di ruangan yang memiliki kualitas udara yang buruk, seperti misalnya ruangan yang dipenuhi dengan asap rokok. Alat ini akan membersihkan udara serta menghilangka bau asap rokok yang ada di ruangan tersebut. 
  • Diffuser: Cocok digunakan di ruangan kecil seperti kamar tidur.
  • Humidifier: Alat ini baik digunakan untuk ruangan ber-AC atau bisa juga di ruangan yang kering dan cukup luas. Jika udara di ruangan tersebut sudah cukup lembab, maka anda tidak membutuhkan alat ini, karena jika udara terlalu lembab maka jamur akan lebih mudah tumbuh.

3. Kecepatan Uap

Satu hal yang membuat ketiga alat ini sulit dibedakan adalah karena alat ini sama-sama mengeluarkan uap air, sehingga orang menganggap bahwa fungsi ketiga jenis alat ini sama. Jika dilihat sekilas memang sama, namun sebenernya kecepatan uap ketiga jenis alat ini berbeda, berikut perbedaannya:
  • Air Purify: Dalam alat ini tidak ada proses penguapan karena fungsinya hanya menghisap udara dan, menyaringnya, lalu menyalurkan lagi ke udara. Biasanya air purify mempu membersihkan udara dalam ruangan dalam waktu 30-120 menit tergantung luasnya ruangan tersebut. Untuk menjalankan alat ini, sama sekali tidak diperlukan cairan apapun. 
  • Diffuser: Karena di dalam alat ini terjadi penguapan, maka untuk memfungsikan alat ini diperlukan cairan. Biasanya air bening biasa yang dibubuhkan beberapa tetes minyak aroma terapi. Kecepatan penguapannya cukup singkat, tidak dipegangaruhi temperatur udara luar.
  • Humidifier: Seperti pada diffuser, di dalam alat ini terjadi proses penguapan sehingga membutuhkan cairan. Kecepatan penguapan alat ini bergantung pada temperatur udara di ruangan tersebut. Semakin tinggi temperatur, maka semakin cepat juga proses penguapan terjadi. Berdasarkan cairan apa saja yang bisa ditambahkan ke dalam tank penampungannya, ada 2 jenis humidifier. Pertama,  humidifier biasa, ke dalam tank penampungan air, biasanya anda hanya boleh menambahkan air bening. Jenis yang ke-2,  humidifier 2in 1 yang juga berfungsi sebagai diffuser, ke dalam tank penyimpanan air anda boleh menambahkan minyak esensial.  


Comments